kabar berita
you're reading...
arema indonesia aremania

ISL Berakhir, Liga Baru Siap Bergulir

Gelaran Liga Super Indonesia (ISL) musim 2012/13 telah berakhir, Rabu, 18 September 2013. Persipura Jayapura tampil sebagai juara. Ini merupakan kali ketiga, Mutiara Hitam trofi bergengsi sepakbola Indonesia. Sebelumnya Persipura merebut gelar yang sama pada 2008-09 dan 2010-11.

Persipura tidak perlu menunggu hingga laga terakhir untuk memastikan gelar juara musim ini. Pasukan Jacksen F Tiago telah mengunci posisi puncak saat masih menyisakan empat pertandingan. Boaz Solossa mengunci gelar ISL ketiganya usai mengalahkan Persiwa Wamena 2-0, Rabu, 31 Juli 2013 lalu.

Tidak hanya meraih gelar juara, Persipura juga melengkapinya dengan menempatkan kapten mereka, Boaz Solossa sebagai pencetak gol terbanyak ISL musim 2012/13. Boaz sukses menjadi top skorer dengan torehan 24 gol. Persipura juga tercatat sebagai tim yang tidak terkalahkan di kandang musim ini.

Setelah Persipura sukses mengunci gelar juara, persaingan memperebutkan posisi runner up sempat berlangsung sengit. Arema Indonesia akhirnya finish di urutan kedua dengan koleksi 66 poin dari 34 laga. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Mitra Kukar dengan 65 poin. Naga Mekes menggusur Persib Bandung setelah memenangkan laga pamungkas melawan Persija Jakarta dengan skor 2-0.

Sementara itu, PSPS yang sempat tampil memukau di awal musim menjadi tim pertama yang turun kasta musim ini. Askar Bertuah dipastikan turun kasta saat masih menyisakan empat laga terakhir. Musim ini, PSPS juga menjadi tim yang paling banyak kebobolan. Pasukan Afrizal Tanjung tersebut kebanjiran 101 gol. Ini menjadi rekor kebobolan terbesar sepanjang sejarah bergulirnya ISL.

Menurut Afrizal, hasil buruk ini tidak lepas dari krisis finansial yang mereka alami. Selama musim 2012/13 bergulir, PSPS merupakan klub yang paling sering bermasalah dengan gaji. “Dengan materi pemain seadanya kami sulit bersaing dengan tim-tim ISL lainnya. Kami juga tidak mendapat dukungan dan perhatian dari pemerintah. Kami hanya bisa pasrah terdegradasi. Bukan mengecilkan pemain, tapi kami memang belum layak bersaing di ISL,” ujar Afrizal baru-baru ini.

Selain PSPS, dua tim lainnya yang turun kasta adalah Persidafon Dafonsoro dan Persiwa Wamena. Musim depan, posisi mereka akan ditempati oleh tiga besar Divisi Utama musim ini, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan Persik Kediri. Sedangkan satu tempat lagi akan diperebutkan lewat babak play off yang mempertemukan Pelita Bandung Raya (PBR) dan Persikabo Kabupaten Bogor.

Persikabo merupakan menghuni peringkat keempat Divisi Utama Liga Indonesia 2012-13. Sedangkan PBR adalah pemegang peringkat ke-15 klasemen akhir ISL. Asa PBR untuk menghindari zona play off pupus setelah di laga terakhir kalah dengan skor tipis 0-1 atas tuan rumah Persiba Balikpapan dan pesaing terdekatnya Persita Tangerang menang 3-2 atas Persiwa Wamena.

“Kami tim baru, butuh proses untuk menemukan karakter permainan dan konsistensi. Secara umum, permainan dari tim sudah sangat baik. Ini menjadi bukti bahwa kami bukanlah tim instan,” beber CEO PBR, Marco Paulo.

“Tim ini juga dipenuhi pemain-pemain muda dan hanya sedikit pemain seniornya. Jadi untuk bersaing dengan tim-tim besar sekelas Persipura, Sriwijaya, atau Persib, masih sulit bagi kami,” sambungnya.

Fenomena Van Dijk

Gelaran ISL 2012/13 juga memunculkan bintang-bintang baru yang promosi ke timnas Indonesia. Mereka tampil dengan sangat gemilang musim ini.

Beberapa di antaranya adalah pemain-pemain muda yang baru saja promosi ke tim utama. Mereka adalah Rizky Pellu, Bayu Gatra, hingga Fandi Eko Utomo.

Pemain-pemain veteran pun tidak mau kalah dengan juniornya. Mereka yang tampil gemilang adalah Sergio van Dijk, Ahmad Jufriyanto, Boaz Solossa, dan Immanuel Wanngai.

Nama-nama yang telah disebutkan di atas dalam beberapa bulan terakhir acap kali memperkuat timnas dalam ajang uji coba. Bahkan beberapa di antaranya seperti Boaz dan Ahmad Jufiyanto, paling sering memperkuat timnas.

Khusus untuk Van Dijk, ini adalah musim pertamanya merumput di ISL bersama Persib Bandung. Meski begitu, The Robocop mampu melesat menjadi pesaing Boaz di deretan top skorer ISL musim ini. Meski pada akhirnya mantan pemain Adelaide United itu hanya menempati peringkat kedua dengan torehan 21 golnya.

Gerbang Menuju Liga Baru
Berakhirnya ISL musim 2012/13 juga menjadi sebuah gerbang dalam proses unifikasi liga. Proses penyatuan liga sebenarnya berjalan seiringan dengan dilaksanakannya kompetisi musim 2012/13. Seluruh elemen berupaya menemukan sebuah konsep untuk menyatukan dua liga yang masih ada di Indonesia.

Dan konsep tersebut telah ditemukan serta disetujui dalam Kongres Luar Biasa 17 Maret 2013 lalu. Sesuai dengan hasil KLB, di musim 2012/13 kedua liga akan tetap berjalan masing-masing. Namun, di musim 2013/14 hanya akan ada satu liga saja dengan jumlah peserta 22 klub.

Komposisinya adalah 18 klub ISL yang berlaga di musim 2013/14 dan empat klub teratas dari IPL. Keputusan ini sudah disetujui oleh para peserta KLB.

“Tidak ada konsep baru dalam unifikasi liga musim depan. Semua telah diputuskan dalam Kongres. Peserta kompetisi akan diikuti 22 tim, 18 dari ISL dan 4 tim dari IPL,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono, Rabu, 18 September 2013.

Sebelum berlaga di liga baru, klub-klub tersebut harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Ada lima aspek yang harus dipenuhi klub jika ingin berlaga di liga baru. Kelimanya adalah sporting (keolahragaan), infrastruktur, administrasi (personel), finansial dan legal. “Jika klub tidak memenuhi syarat dari verifikasi, maka klub tersebut tidak bisa mengikuti kompetisi,” jelas Joko.

Sumber: Vivanews

About AremaSport

berita tentang arema indonesia dll

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: