kabar berita
you're reading...
Arema Sport

10 Fakta ISL Musim 2012/13

Indonesia Super League (ISL) musim 2012/13 telah berakhir, 18 September. Lima laga yakni Barito Putra vs Sriwijaya FC, Mitra Kukar vs Persija, Persisam vs PSPS, Persiwa vs Persita, dan Persiba vs PBR, menjadi penutup liga yang telah berjalan sejak musim 2008/09.

ISL musim 2012/13 sendiri sudah diputar sejak 5 Januari. Partai yang mempertemukan PBR melawan Barito Putra serta Sriwijaya FC melawan Persiba Balikpapan, menjadi pembuka.

Untuk edisi 2012/13, tim seperti PS Barito Putera, Persita Tangerang and Persepam Madura United hadir dengan status promosi. Sementara Persegres Gresik akhirnya melengkapi kuota 18 klub, setelah mengalahkan PSIM Yogyakarta 3-1 di babak play-off.

Sejak digulirkan ISL mengalami beberapa kali perubahan jadwal. Adanya agenda tim nasional Indonesia, juga pemilihan kepala daerah, menjadi penyebab.

Penyelenggaraan ISL musim ini juga diwarnai beberapa permasalahan menyangkut pemain. Misalnya saja mengenai gaji.

Permasalahan tersebut bahkan harus melibatkan beberapa orang penting, seperti Menpora, Roy Suryo untuk menyelesaikan. Persoalan tunggakan gaji yang masih berlanjut hingga akhir musim juga sempat membuat beberapa pemain memilih untuk mogok berlatih di klubnya.

Lika-liku perjalanan ISL akhirnya berujung. Sebelum peluit panjang berbunyi, Persipura sudah ditasbihkan menjadi juara ISL. Gelar ini merupakan yang ketiga setelah meraihnya pada musim 2008/09 dan 2010/11.

Berikut 10 dari Sekian Fakta ISL Musim 2012/13:

1. Pada Oktober 2012, Pelita Jaya bertransformasi menjadi Pelita Bandung Raya. Ini setelah kepemilikan saham Pelita Jaya Cronus seluruhnya dibeli oleh Ari Dewanto Sutedi, pemilik Bandung Raya dan Presiden PT Retower Asia. Sementara Pelita Jaya Cronus memiliki saham Arema.

2. Persipura memastikan diri menjadi kampiun di laga ke-30 atau masih menyisakan empat pertandingan lagi. Tambahan tiga poin di laga melawan Persiwa Wamena pada 31 Juli, membuat poin mereka sebanyak 73 sulit untuk dikejar pesaing.

3. Arema mendapat hukuman pengurangan 3 poin jelang laga ke-34. Itu terpaksa dilakukan oleh PT Liga Indonesia untuk menindaklanjuti surat PSSI nomor 1825/UDN/1017/IX-2013 tertanggal 10 September 2013 tentang implementasi Keputusan Komisi Disiplin FIFA serta circulars dari FIFA.

4. Tiga tim dipastikan degradasi dari Indonesia Super League. Ketiga tim itu adalah PSPS, Persiwa, dan Persidafon. Sementara Pelita Bandung Raya harus melakoni babak play-off melawan peringkat keempat Divisi Utama, Persikabo Kabupaten Bogor untuk memperebutkan satu tiket tampil ke ISL.

5. Boaz Solossa menjadi pencetak gol terbanyak. Torehan 25 gol yang diciptakan berselisih 4 dari striker Persib, Sergio van Dijk. Torehan gol Boaz turut membantu Persipura menjadi tim terproduktif dengan 82 gol.

6. PSPS menjadi tim yang paling banyak kebobolan. Asykar Bertuah telah kemasukan sebanyak 107 kali. PSPS akhirnya degradasi setelah menempati posisi ke-18 hingga akhir musim. Dari 34 laga, PSPS hanya memetik 4 kemenangan, sementara lima lain berakhir seri dan 25 berkesudahan dengan kekalahan.

7. Ahmad Jufriyanto menjadi pengumpul kartu kuning terbanyak. Selama berkiprah di musim 2012/13, ia sudah 13 kali dikartu kuning wasit. Sementara Rudi Widodo, Victor Igbonefo, Izaac Wanggai, Rama Pratama, Precious Emujeraye, Mekan Nasyrov menjadi pengumpul kartu merah terbanyak. Mereka sudah mendapatkan dua kartu merah

8. Kekalahan terbesar dicatatkan oleh PSPS. Pada laga melawan Persela Lamongan 12 Juni, PSPS kalah 1-9. Skor tersebut sekaligus membuat Persela menjadi tim dengan kemenangan terbesar.

9. Persipura dan Barito Putera menjadi tim yang tidak pernah menuai kekalahan di kandang. Dari 17 pertandingan kandang, Persipura meraih 15 kemenangan sementara dua sisanya berakhir seri. Adapun Barito Putera meraih 13 kemenangan, sementara empat laga lain imbang.

10. Pemain Pelita Bandung Raya, Sekou Camara tergeletak di lapangan saat timnya menggelar latihan di Stadion Siliwangi, 27 Juli. Sekou Camara mendapatkan serangan jantung dan nyawanya tak tertolong.

Sumber: SportSatu.com

About AremaSport

berita tentang arema indonesia dll

Diskusi

One thought on “10 Fakta ISL Musim 2012/13

  1. Arema mbooisss

    Posted by Almira aremadrid sumatra | 28/01/2014, 17.23

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: