kabar berita
you're reading...
arema indonesia aremania

Arema Maksimalkan Gerakan Tanpa Bola

MALANG – Arema Indonesia selama dibawah kepemimpinan Rahmad Darmawan (Rd) biasa menggunakan formasi 4-4-2. Hanya saat melakoni tur Papua di akhir putaran pertama Liga Super Indonesia (LSI) 2012/2013 lalu, Singo Edan menjajal memasang formasi dengan tiga striker.

Saat itu Arema Indonesia menggunakan formasi 4-3-3. Hasilnya, Persiwa Wamena dan Persipura Jayapura sama-sama berhasil ditahan imbang di kandangnya. Persiwa ditahan imbang 2-2, sedangkan Persipura ditahan 1-1.

Formasi inilah yang dimodifikasi RD dalam laga di tur Kalimantan Timur (Kaltim) nanti. Barisan belakang tetap diisi empat pemain, dan barisan tengah dibiarkan tiga pemain. Sedikit perubahan dilakukan di barisan depan. Tiga striker tidak berdiri berjajar. Striker yang di posisi tengah ditarik sedikit ke belakang menjadi second striker.

Asisten pelatih Arema Indonesia, Joko ‘Gethuk’ Susilo mengungkapkan second striker ini untuk memaksimalkan gerakan. Bola butuh bergulir lebih lama bila menggunakan formasi 4-3-3. Sebab antara gelandang dan striker tidak ada pemain lain.

“Karena di lubang itu ada pemain, peluang semakin banyak,” kata Joko kepada Surya Online, Kamis (24/7/2013).

Pria asal Cepu ini mengungkapkan peranan pemain di ‘lubang’ ini bukan murni second striker. Menurutnya, pemain bisa mundur menjadi gelandang atau maju menjadi striker. Maju-atau mundurnya pemain ‘lubang’ ini tergantung tim dalam formasi menyerang atau bertahan.

Meski hanya mengubah satu posisi pemain, tapi tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan ini sulit menerapkannya. Formasi ini sudah mulai dimatangkan dalam latihan sejak Rabu (17/7/2013) lalu. Tapi sampai saat ini tim masih belum maksimal menerapkan pola yang diinginkan pelatih.

Rencananya tim akan berangkat ke Kaltim pada Sabtu (27/7/2013) nanti. Singo Edan akan menantang Mitra Kukar pada 29 Juli 2013, dan Persisam Samarinda pada 1 Agustus 2013.

“Hanya ada satu atau dua saja yang perlu diperbaiki. Semoga semuanya sudah beres sebelum berangkat ke Kaltim,” tambahnya.

Sumber: Surya Online

About AremaSport

berita tentang arema indonesia dll

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: