kabar berita
you're reading...
Uncategorized

Tempuh 20 Jam, Arema Andalkan Mental

WAMENA – Arema Indonesia dikuras energinya oleh perjalanan jauh dari Malang menuju Wamena. Berangkat dari Malang, Kamis (25/4) sore pukul 16.30 WIB dari Mess Arema, Singo Edan baru sampai di Wamena Jumat siang pukul 12.30 WIB atau 14.30 WITA. Purwaka Yudi dkk sempat transit di tiga kota sebelum akhirnya bisa merasakan istirahat total di Baliem Pilamo Hotel Jalan Trikora, Wamena.
Setelah berangkat dari Bandara Juanda, Kamis malam, rombongan tim Arema yang terdiri dari 20 pemain, 5 pelatih dan 5 ofisial tersebut sampai Bandara Sultan Hassanudin Makassar tengah malam, pukul 24.00 WITA, atau 23.00 WIB. Setelah menunggu dua setengah jam di bandara internasional tersebut, akhirnya tim berangkat ke Bandara Sentani Jayapura. Tepatnya pukul 02.30 WITA, Arema terbang menuju ibukota provinsi Irian Jaya.
Arema sampai di Jayapura pukul 06.30 WITA atau 07.30 WIT. Dari jadwal penerbangan Bandara Sentani ke Bandara Wamena, seharusnya rombongan tim sudah berangkat pukul 11.00 WIT.

Tetapi, ternyata jadwal penerbangan pesawat yang ditumpangi oleh klub berlogo singa itu molor. Arema baru bisa menaiki pesawat ukuran kecil menuju kota di lembah pegunungan itu sekitar pukul 13.00 WITA. Arema check in di hotel Baliem Pilamo pukul 14.30 WITA, setelah mengemasi semua barang.
Sejatinya, RD sangat tahu, perjalanan dari Bandara Sentani menuju Wamena akan molor hingga dua jam lebih. ‘’Ini bukan pertama kalinya saya merasakan perjalanan yang molor. Kita sudah biasa dengan hal ini. Saya pun menebak, dari Jayapura ke Wamena akan terlambat pesawatnya,’’ tegas RD.

Meskipun demikian, akhirnya Arema harus merasakan perjalanan selama 20 jam untuk menjalani persiapan akhir jelang pertandingan penting lawan Laskar Badai Gunung, julukan Persiwa.

Praktis, Arema Indonesia sedang kelelahan dan dalam kondisi kurang fit. Masa recovery semalam tidur di Baliem Pilamo Hotel tidaklah cukup untuk mengembalikan fisik pemain yang dikuras oleh 20 jam perjalanan terjauh Arema selama putaran pertama ISL 2012/2013.

Arema harus menghadapi kondisi ini. Karena itu, RD tidak memaksakan ada sesi latihan sore untuk memanasi mesin para penggawa klub pujaan Aremania itu.

’’Dari awal saya tak mengadakan latihan begitu sampai di Wamena. Saya paham sekali kondisi di Wamena,’’ tandas RD.

Namun demikian, ada satu hal yang kini bakal digenjot oleh pelatih asal Metro Lampung tersebut untuk mengatasi kelelahan. Yakni, mental dan semangat bertanding untuk menang.

Meskipun Arema sedang kelelahan secara fisik, RD tak mau Hendro Siswanto dkk kalah dalam hal mental.
’’Perlu saya tekankan, kita datang ke Wamena tidak untuk kalah. Kita tidak datang untuk main asal-asalan. Kita main maksimal, determinasi dan fokus, untuk memenangkan poin dan tidak kalah di Wamena, penting bagi tim ini untuk tetap bermain semangat dan mendapat poin di Papua, agar jarak dengan saingan kita tidak terlalu jauh,” tutup RD, menyebut uji lapangan bakal dilakukan pagi ini di Stadion Pendidikan, kandang Persiwa.

About AremaSport

berita tentang arema indonesia dll